Pengalaman Rekrutmen MT Frisian Flag

 Tahun ini Frisian Flag membuka beberapa lowongan Management Trainee, kemudian aku iseng apply MT Sales Frisian Flag. Berikut proses rekrutmennya:

 

1.     Apply melalui Job Street

 

Ada beberapa jenis MT di Frisian Flag, tapi aku apply MT Sales.

 

2.     Online Assessment Test (OAT)

 

Setelah aku apply, esok harinya langsung ada invitation via email untuk mengikuti Online Assessment. 

OAT ini dilakukan dengan cara membuat akun di  https://www.frisianflagcareer.com/ dan memasukkan kode, kemudian akan ada pilihan untuk mengerjalan soal OAT. OAT terdiri dari 5 sub test (numerik, inductive-deductive, non-verbal, keteknikan, daya bayang ruang) yang dapat dikerjakan secara tidak berurutan (dapat memilih bagian yang anda ingin mulai terlebih dahulu) namun keseluruhan atau 5 sub test tersebut harus diselesaikan.

 

Soalnya menurut aku typical psikotest pada umumnya (cenderung lebih mudah), kecuali bagian “keteknikan”. Jujur soalnya fisika gitu aku gak ngerti banget! HAHA.

 

3.     Leaderless Group Discussion (LGD)

 

Kemudian aku mendapatkan email lolos seleksi OAT dan lanjut ke tahap LGD. Di tahap LGD ini seperti LGD pada umumnya dimana kita diberikan case tertentu untuk didiskusikan bersama dan di akhir akan dibacakan kesimpulan. Case-case LGD ini menurut aku based on logic ajaa dan sebisa mungkin aktif memberikan pendapat secara sopan.

 

4.     AON Competency Assessment Test

 

Kemudian aku lanjut ke tahap AON Test. Sebelum mulai test aku cari-cari contoh soal di Google dan nonton Youtubenya. 

 

AON Test ini terdiri dari:

a.     Personality Questionnaire ADEPT-15: This questionnaire is designed to provide insight into your preferences, attitudes and personal characteristics (https://www.hrorganizer.com/en/candidate-preparation-assessment-frc)

b.     Capacity test: This questionnaire assesses verbal, numerical and inductive logical thinking and will help to provide insight in your cognitive capabilities. Capacity Test ini terbagi menjadi 4 yaitu: scales verbal (consumer), scales numerical (consumer), scales clx dan scales lt-e (Bahasa Inggris).

 

Keesokan harinya setelah AON Test, aku dikirimin hasilnya loh via email. Jujur kaget karena biasanya gak ada yang kasih hasilnya ke kita kan kalo psikotest gini. Ada nilainya jugak waduhh malu deh ada yang kecil nilainya.

 

5.     Interview

 

Selanjutnya aku sampai di tahap interview HR. (BTW aku kira aku gak lolos loh karena AON Test kemarin nilai ku ada yang 1 out of 5. Wkwk)  Di tahap ini seperti interview pada umumnya, ditanya mengenai pribadi kita / SWOT, kemudian pengalaman dan ditanyakan bagaimana jika kita menghadapi suatu kondisi tertentu. Nah di sini aku gak tau sam sekali kalau penempatannya di luar Jakarta. Aku ditanya bisa / mampu gak kalau nanti penempatan di luar Jakarta. Karena aku gamau penempatan di luar jadi yaudah aku bilang gabisa. Disini HR nya jelasin ke aku kalau penempatan nanti lokasinya di pelosok / kabupaten terpencil (?) Gajinya lumayan gede sih 2 digit, dapat susu, dapat mesh, kendaraan. Tapi sayangnya di luar Jakarta jadi aku gak lanjutin lagi hehe.

 

Btw next kalo misalnya kalian lanjut akan ada tahapan selanjutnya yaitu business presentation.

 

Semangat yaa untuk teman-teman yang lagi proses rekrutmen di Frisian Flag!

Comments

Popular Posts