Pengalaman Proses Rekrutmen Danamon Bankers Trainee - DBT Bank Danamon

 Halo, salam kenal!

 

Saya di sini ingin sharing mengenai proses rekrutmen Danamon Bankers Trainee / MT Bank Danamon Batch 14-15 dari awal hingga akhirnya offering. Saya sebelumnya sama sekali tidak apply program Danamon Bankers Trainee ini namun tiba-tiba saya mendapatkan email Online Test Invitation. Ternyata setelah saya baca isi undangan tersebut, Bank Danamon mendapatkan informasi mengenai saya dari Career Center Universitas Indonesia (CDC UI) dan profil saya sesuai dengan requirements untuk program DBT Bank Danamon ini. Baik kita lanjut ke proses rekrutmennya yaa!

 

1.     Psychological Online Assessment

 

Pada tanggal 21 Maret 2022 saya mendapatkan email Online Test Invitation untuk mengerjakan Psychological Online Assessment yaitu GIA test.

 

2.     Opening Webinar

 

Pada tanggal 26 Maret 2022 saya dikabari melalui email bahwa saya lolos tahapan Online Assessment dan saya  Danamon Bankers Trainee - Opening Webinar Invitation. Kemudian saya juga diberitahukan bahwa HR Consultant Partner dari Bank Danamon yaitu “First Asia Consultants”  akan mengirimkan invitation untuk Leaderless Group Discussion melalui email yang terpisah. 

 

Pada Opening Webinar ini dijelaskan secara umum mengenai prorgram Danamon Bankers Trainee. Di sini pada intinya diberitahukan bahwa program terdiri dari 1 tahun masa pendidikan dan pelatihan  (PKWT/Kontrak) yang terdiri dari 5 bulan training di Danamon Corporate University, kemudian apabila lolos test maka akan dilanjutkan 7 bulan Project Assignment. Selanjutnya akan ada test lagi dan bila lolos test terakhir akan direkrut sebagai karyawan tetap (PKWTT) dengan ikatan dinas 2 tahun. Penalty apabila resign dari program ini sebesar 250 juta rupiah.

 

3.     Leaderless Group Discussion

 

Pada tanggal 28 Maret 2022 saya mendapatkan invitation Leaderless Group Discussion (LGD) dari First Asia Consultants. LGD ini berlangsung selama 40 menit dan proses diskusi dilaksanakan dengan Bahasa Inggris menggunakan Microsoft Teams. Ketika LGD diskusi dengan teman lainnya sekitar 6 orang, kemudian ada 2 orang Assessor yang menilai jalannya proses diskusi. 1 orang dari First Asia Consultant dan 1 orang dari Bank Danamon.

 

4.     Competency Based Interview & E-Tray Test

 

Pada tanggal 1 April 2022 saya mendapatkan email bahwa saya lolos tahap LGD dan lanjut ke tahap Based Interview & E-Tray Test yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 April 2022.

 

Pertama saya di-interview oleh HR Consultant yaitu First Asia Consultants. Pertanyaannya seputar diri kita serta pola pikir kita dalam menghadapi situasi-situasi tertentu. Interview dilaksanakan selama kurang lebih 45 menit. Kemudian setelah interview saya login di website milik First Asia Consultants untuk melakukan E-Tray Test dan Personality Test.

 

Pertama kita melakukan E-Tray Test selama kurang lebih 30-60 menit. Dalam E-Tray Test saya diberikan suatu case dimana posisi saya adalah seorang Sales and Marketing Manager yang baru di suatu perusahaan Start Up. Case tersebut menjelaskan mengenai konsep business start up tersebut, serta posisi/bagan manajerial di perusahaan tersebut. Kemudian setelah membaca case dan memahaminya kita diminta untuk membalas email yang masuk ke akun email kantor kita tersebut. Kemudian kita diminta membalas email-email yang sudah masuk dan mengurutkan/prioritas mana email yang paling penting/harus dibalas terlebih dahulu.

 

Selanjutnya sesudah menyelesaikan E-Tray Test saya mengerjakan soal Personality Test selama kurang lebih 30 menit.

 

5.     Virtual Presentation

 

Di hari yang sama, yaitu pada tanggal 6 April 2022 setelah mengerjakan E-Tray Test, saya mendapatkan email dari Firstasia Consultant bahwa saya berhasil lanjut ke tahap VIRTUAL PRESENTATION. Virtual Presentation tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 April 2022.

Pada hari H, saya join zoom di Jam 08.00. Kemudian jam 08.30 kami diberikan case dan soal yang harus dijawab pada presentasi. Batas pengumpulan PPT yaitu pada pukul 10.00. Saya di sini telah mengumpulkan PPT dimana saya baru mengumpulkannya pada pukul 10.20. Kemudian saya mendapatkan jadwal untuk presentasi di hari tersebut jam 16.00. Selama saya menunggu giliran saya untuk presentasi saya terus berlatih dan membuat poin2 apa saja yang akan saya bahas untuk presentasi nantinya.

 

Case dan soal presentasinya cukup sulit untuk saya karena harus mengolah data excel. Jujur saya lulusan fakultas hukum yang kurang familiar dengan angka-angka, data dan excel hehe. Jadi saya cukup pasrah di tahap ini. Namun untungnya ketika saya presentasi, saya tidak terlalu ditanya mendetail terkait data2 tersebut. Saya lebih ditanyakan mengenai “konsep bisnis” dan juga pengalaman saya. 

 

6.     Panel Interview 

 

Selanjutnya pada tanggal 20 April 2022 saya mendapatkan undangan untuk Panel Interview secara offline di Menara Bank Danamon di tanggal 21 April 2022. Cukup kaget karena hanya diberikan waktu persiapan selama 1 hari. Saya mendapatkan jadwal Panel Interview di jam 16.00. Saya sampai di Bank Danamon pada pukul 14.30 dan diarahkan untuk melakukan antigen terlebih dahulu. Saya antigen di Klinik Kimia Farma yang berada di Basement Menara Danamon. Hasilnya keluar setelah 10 menit dan saya langsung menuju ke atas. Saya kemudian diminta untuk menunggu di suatu ruangan meeting. Sambil menunggu saya diberikan snack dan minum. Kemudian saya berlatih interview di ruangan tersebut. Setelah menunggu sekian lama akhirnya saya dipanggil untuk interview (agak ngaret dari jadwal, jadinya saya di interview jam 16.30).

 

Proses interview dilaksanakan dengamn full English. Saya diinterview oleh 2 pejabat Bank Danamon. Pertanyaannya seperti pertanyaan interview pada umumnya, kemudian yang paling saya ingat di akhir saya ditanya produk Bank Danamon, dan bagaimana proses Bank bisa mendapatkan uang untuk dipinjamkan ke masyarakat serta darimana Bank bisa mendapatkan keuntungan.

 

7.     Offering & Medical Check Up Invitation

 

Setelah sekian lama, saya mendapatkan email berupa undangan meeting melalui Microsoft Teams dan diberitahukan bahwa saya lolos untuk ke tahap Medical Check Up (sekaligus offering). Saya melakukan Medical Check Up di klinik Prodia Kp. Melayu sekitar 1,5-2 jam, sebelumnya saya puasa terlebih dahulu selama 10 jam. Setelah itu saya taken contract dan siap berangkat ke Danamon Corporate University!

 

Next saya mau cerita mengenai pengalaman Training di Danamon Corporate University deh, stay tuned!

Comments

Popular Posts